Sabun Mandi Batangan & Cair yang Bagus/Terbaik – Review Merk Sabun

Sabun mandi batangan & cair yang bagus (terbaik) di Indonesia tersedia dalam beragam merek. Merk sabun mandi paling banyak dipakai masyarakat adalah Dove, Give, Lifebuoy, Lux, Dettol, JF Sulfur, dll. Sabun mandi batangan dan cair memiliki harga yang jelas berbeda. Saat ini, merek sabun Lifebuoy dan GIV menjadi bagian dari sabun paling laris di Indonesia.

Sabun mandi terdiri dari sabun yang berbentuk batangan dan cair. Sabun cair pun terbagi lagi ke dalam beberapa klasifikasi. Jenis-jenis sabun tersebut sudah pasti memiliki harga yang berbeda-beda. Saat ini, merek sabun Lifebuoy dan GIV disebut-sebut sebagai sabun paling laris di Indonesia, lho. Agar tahu lebih jelas mengenai sabun mandi, yuk, simak pembahasan dari Perusahaan Jasa Maklon Kosmetik yang dirangkum dari berbagai sumber!

Macam-Macam Sabun Mandi

klasifikasi sabun mandi
sumber: pixabay.com

Sabun yang digunakan untuk mandi ada banyak macamnya, mulai dari sabun padat yang berbentuk batang dan sabun cair. Sabun cair pun terbagi menjadi beberapa jenis, ada yang disebut dengan shower gel, body wash, shower cream, dan shower oil. 

Sabun mandi dapat dibuat dari berbagai bahan dasar. Ada sabun yang terbuat dari glycerin- biasanya berbentuk sabun padat transparan- yang dapat menjaga kelembapan dan mencegah kulit menjadi kering. Ada juga sabun yang kandungan lemaknya tinggi, yang menurut salah satu jurnal dari India, sabun tersebut diformulasikan dengan lemak tingkat tinggi atau asam lemak seperti triglycerida, lanolin dan asam stearat. Sabun dengan formula seperti itu mampu membentuk lapisan pelindung bagi kulit. Jenis sabun batang lainnya adalah sabun antibakteri yang biasanya mengandung triclosan untuk menghentikan perkembangan bakteri dan bau.

Selain berdasarkan kebutuhan, dalam memilih jenis sabun perlu adanya penyesuaian dengan jenis kulit. Terutama jika Anda memiliki kulit yang cenderung mudah berjerawat, mengalami rosacea, eczema, atau kulit yang sensitive. Sebab, ketidakcocokan sabun dapat menyebabkan kulit kering hingga iritasi yang lebih parah.

Sabun Batangan (Bar Soap)

Sabun batang adalah jenis sabun yang paling banyak digunakan oleh mayoritas masyarakat Indonesia.Variannya yang beragam dan harganya yang terjangkau membuatnya lebih banyak dipilih dibandingkan sabun cair.

Dilansir dari huffpost, menurut peneliti dari Institut Teknologi Federal Swiss mengemukakan bahwa jejak karbon sabun padat 25% lebih sedikit dari sabun cair. Menggunakan sabun cair dalam jumlah banyak berarti memperbanyak jumlah emisi karbon dan bahan kimia lainnya.  Selain itu, dalam salah satu artikel, sabun cair memberi dampamk pada tingkat racun di lingkungan, potensi penipisan ozon dan eutrofikasi. Dalam proses produksinya, sabun cair menghabiskan energi lima kali lebih besar untuk memproses dari bahan mentah dan energi 20 kali lebih besar dalam proses pengemasan dibandingkan sabun batang. Harga sabun cair pun biasanya lebih mahal dibandingkan dengan sabun batang.

Tetapi, bukan berarti sabun padat tidak memiliki kekurangan. Artikel tersebut juga menjelaskan bahwa kita membutuhkan 30% lebih banyak air untuk membasuh sabun padat dibandingkan dengan yang cair. Selain itu, banyak yang mengatakan bahwa sabun batang kurang higienis karena secara langsung tersentuh oleh penggunanya. Namun jangan dulu khawatir, penelitian membuktikan hal itu tidak mengapa jika tidak berada dalam kondisi lingkungan yang memang tidak sedang terjangkit wabah penyakit yang disebabkan oleh kuman atau bakteri. Misalnya, di rumah.  Berbeda dengan penggunaan sabun di lingkungan yang harus steril seperti rumah sakit, penggunaan sabun cair lebih direkomendasikan.

Lebih lanutnya, menurut artikel ini, sabun padat juga memberi dampak yang kurang baik yang lebih besar terhadap penggunaan lahan dibandingkan sabun cair. Hal itu dikarenakan sabun batang memiliki komposisi yang berasal dari minyak tumbuh-tumbuhan yang merupakan hasil pertanian. Perlu diketahui, pertanian memberikan dampak lingkungan yang sangat signfikan terhadap lahan.

Sabun Cair

Varian sabun lainnya adalah sabun cair. Menurut Dr.Frey dalam artikel dermstore, sabun cair merupakan cairan pembersih yang menggunakan surfaktan ringan untuk membersihkan kulit. Saat ini sabun cair diklasifikasikan lagi menjadi beberapa jenis, di antaranya shower gel, shower cream, body wash, shower oil, dan body foam. Secara garis besar, perbedaan varian-varian tersebut terlertak pada teksturnya.

Shower Gel

Menurut artikel ini, menurut salah satu pemilik salon kecantikan di New York, Berenice S. Rothenberg,  shower gel memiliki konsistensi yang lebih tebal sehingga lebih baik digunakan ketika cuaca panas. Berdasarkan beberapa sumber, shower gel cocok digunakan untuk kulit berminyak, cenderung berjerawat dan kulit normal pada iklim yang hangat.

Berdasarkan artikel dari berbagai sumber, shower gel efektif mengelupas kulit mati karena biasanya terdapat scrub-scrub eksfoliator, menjadikan kulit lebih lembut dan tidak membuat kering. Dalam artikel di kumparan dikatakan, biasanya shower gel menggunakan bahan-bahan dasar pengemulsi dan gliserin yang dikombinasikan dengan ekstrak lidah buaya.

Body Wash

Terkait jenis ini, Rothenberg berpendapat bahwa Body wash lebih melembapkan dibanding shower gel dan menghidrasi kulit dibanding sabun batangan. Tekstur dari body wash juga biasanya lebih cair dibandingkan dengan shower gel. Hal ini dijelaskan lebih lanjut oleh Dr. Frey, seorang dermatologis dari New York, bahwa pada umumnya body wash mengandung emmolients atau pelembut kulit. Seperti dilansir dari idntimes, body wash cocok digunakan pada kulit berminyak karena kandungan airnya cukup banyak.

Shower Cream

Masih dilansir dari idntimes, shower cream diklasifikasikan ke dalam sabun cair karena teksturnya yang hamper mirip. Sabun ini cocok digunakan pada kulit kering karena pada umumnya mengandung pelembap. Biasanya, wangi shower cream lebih tahan lama karena teksturnya yang creamy. Menurut artikel ini, pada umumnya komposisi shower cream mengandung bahan-bahan pelembap seperti shea butter, minyak kelapa, petroleum dan pembersih seperti polyglucose.  Busa yang dihasilkan oleh sabun ini juga biasanya sangat banyak sehingga dapat digunakan juga untuk bercukur.

Shower Oil

Dilansir dari the Cut, Shower oil atau bath oil adalah sabun cair yang cenderung memiliki tekstur seperti minyak. Pada umumnya mengandung komposisi yang dapat membuat tektur minyak tersebut berubah setelah terkena air. Sabun cair jenis ini biasanya cocok digunakan untuk melembapkan, mengatasi kulit yang kering alami dan mengatasi kondisi kulit yang kering karena penyakit seperti eksim, dermatitis dan psoriasis.

Body Foam

Sedangkan shower cream merupakan formula pelembab dengan warna yang mirip dengan sabun cair dan biasanya bebas deterjen. Setelah dibilas pun, sabun ini tak meninggalkan rasa kesat pada kulit sehingga bagus digunakan untuk kamu yang memiliki kulit sangat kering.

Merek-Merk Sabun Mandi Terbaik di Indonesia

Merek-Merek Sabun Mandi yang Paling Terkenal di Indonesia
sumber: google.com

Lifebuoy

Salah satu artikel tirto.id memuat bahwa Lifebuoy menempati urutan pertama sabun yang banyak digunakan oleh masyarakat baik kalangan menengah ke atas maupun menengah ke bawah. Hal tersebut berdasarkan riset penggunaan merek sabun berdasarkan kelas pendapatan.

Awal penciptaan sabun Lifebuoy dimulai dari keinginan sang pendiri, William Lever, untuk menghentikan wabah Kolera di Victoria, Inggris. Sampai saat ini, Lifebuoy masih menjalani berbagai misi terkait kesehatan masyarakat dan lingkungan di berbagai negara.

Lifebuoy memproduksi tiga jenis sabun yakni sabun batang, sabun cair dan sabun cuci tangan. Produk terbaru dari Lifebuoy adalah Lifebuoy Activ Silver Formula. Lebih lengkaponya mengenai sabun Lifebuoy akan kami ulas di artikel selanjutnya.

Lux

LUX termasuk tiga besar sabun yang paling banyak digunakan oleh masyarakat kelas menengah ke atas menurut riset yang dimuat oleh artikel tirto.id. LUX menempati urutan kedua setelah sabun Lifebuoy.

LUX telah memulai produski sejak tahun 1925. Meskipun tidak mengkhususnya produknya untuk wanita, namun LUX membranding produk-produknya dengan tujuan untuk menginspirasi dan menunjukkan sisi kecantikan, feminin wanita. Oleh karena itu, sejak dahulu, LUX dikenal sebagai merek sabun yang menggunakan bintang-bintang wanita Hollywood dalam iklannya.

Tidak heran jika sabun LUX memiliki aroma yang sangat mewah dan menyegarkan. Hal ini dikarenakan LUX bekerjasama dengan ahli-ahli parfum dunia, di antaranya Nicole Mancini, Anne-Sylvie Selezneff dan Loc Dong dan bermitra dengan International Perfume Museum di Grasse.

Giv

GIV adalah salah satu produk dari PT Wings Surya yang memang sudah terkenal dengan produk produk pembersihnya. GIV membranding produknya sebagai sabun kecantikan berparfum yang memiliki kemampuan memutihkan dan memberikan keharuman yang menginspirasi.  Dibandingkan harga-harga sabun kecantikan lainnya, GIV cukup terjangkau.

Berdasarkan riset yang dimuat di artikel tirto.id, GIV menempati urutan ketiga sabun yang paling banyak digunakan oleh masyarakat menengah ke bawah. Hal ini mungkin dikarenakan harganya yang terjangkau.

Dettol

Pada mulanya Dettol merupakan merek produk cairan antiseptik yang digunakan dalam dunia medis. Namun, saat ini merek Dettol sudah merambah ke produk-produk sabun antibakteri. Selengkapnya mengenai Dettol pernah kami bahas sebelumnya di artikel ini.

Harga sabun Dettol yang lebih mahal membuatnya menempati urutan ketiga sabun yang paling banyak digunakan oleh kelas menengah ke atas.

Shinzui

Dilansir dari website resminya, Shinzui merupakan salah satu produk dari PT.Bina Karya Prima, merupakan perusahaan minyak sawit terintegrasi yang memproduksi produk makanan dan non-makanan. Perusahaan ini memulai produksinya pada tahun 1981.

Produk-produk sabun Shinzu’i diformulasikan dengan bahan alami minyak Herba Matsu yang berasal Jepang. Minyak Herba Matsu merupakan minyak essensial yang berasal dari jamur Matsutake. Bahan alami sabun Shinzui dipercaya mampu mencerahkan kulit dan mempengaruhi pigmentasi. Sabun Shinzui terdiri dari enam varian yang masing-masingnya memiliki aroma bunga khas dari Jepang, yakni Sakura, Matsui, Kirei, Hana, Myori dan Kensho. Sabun shinzui pernah kamibahas sebelumnya dalam artikel sabun pemutih.

Sama halnya dengan Lifebuoy dan GIV, Shinzui menempati posisi tiga besar sebagai sabun yang paling banyak digunakan oleh masyarakat menengah ke bawah. Shinzui menempati posisi kedua setelagh Lifebuoy.

Rekomendasi Jasa Maklon

Anda tertarik memiliki produk sabun mandi dengan merek sendiri? Mudah saja, Anda tinggal menghubungi  kami, PT. Adev Natural Indonesia. Sebagai perusahaan Jasa Maklon Kosmetika terpercaya, dengan menggunakan bahan-bahan yang aman dan terpilih, kami akan memastikan produk Anda memiliki izin edar dari BPOM dan halal.

Anda tinggal mengajukan jenis dan spesifikasi produk pada kami. Jika masih bingung untuk menentukannya, Anda dapat melihat-lihat katalog kami dan meminta sampel produk pada kami. Setelah itu, Anda hanya tinggal menunggu proses produksi selesai. Mudah bukan?

Tunggu apalagi? Segera hubungi PT. Adev Natural Indonesia di nomor telepon kontak adev natural atau langsung saja klik link di bawah ini.

Mulai Maklon Kosmetik Sendiri Sekarang

 

 

Tags: Sabun Mandi, rekomendasi sabun batangan murah tapi bagus, merk sabun mandi, macam sabun mandi di indonesia, sabun lifebuoy cair, merk sabun mandi batangan, sabun mandi untuk kulit kering dan sensitive, sabun mandi batang terbaik untuk memutihkan kulit, Kandungan sabun lux, jenis nama merek sabun, foto sabun mandi, harga sabun mandi, sabun mandi batang, nama nama sabun mandi batang, nama sabun kesehatan, produk sabun mandi batang, merk yg mengandung triclosan, merk sabun mandi cair terbaik, brand sabun mandi, gambar sabun mandi, merk sabun batangan, merk sabun batang, KANDUNGAN YANG ADA DI SABUN SHINZUI, komposisi sabun MANDI, macam asam lemak untuk sabun, macam macam sabun lifebuoy, harga sabun batang paling mahal, varian wangi sabun giv cair, Merek sabun mandi di indonesia, merek sabun mandi yg mahal

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *