5 Peran Brand Ambassador Dalam Pemasaran Produk Kosmetik

Menggunakan brand ambassador saat ini menjadi strategi marketing yang banyak digunakan oleh para beautypreneur di seluruh dunia saat ini. Penggunaan brand ambassador dipercaya dapat membuat popularitas dari sebuah brand kosmetik dapat meroket dengan cepat. 

Namun hingga saat ini, masih belum terlalu banyak yang belum mengetahui dengan jelas mengenai peran brand ambassador

Pada artikek kali ini, kami akan sedikit menjelaskan mengenai peran brand ambassador untuk promosi suatu produk kosmetik ini kepada anda. Langsung saja, cari tahu selengkapnya di bawah ini.

Apa Itu Brand Ambassador?

Apa Itu Brand Ambassador
Sumber gambar: pexels.com/Jhong-Pascua

Sebelum melangkah ke poin utama mengenai peran brand ambassador, akan lebih baik jika anda mengetahui terlebih dahulu tentang apa itu brand ambassador.

Brand Ambassador adalah orang yang dipercaya oleh suatu perusahaan atau produsen untuk mewakili/mencerminkan brand mereka di pasaran yang ditargetkan. Dalam bahasa sederhana, brand ambassador juga hampir sama dengan duta dari sebuah brand yang bekerja sama dengannya.

Brand ambassador sendiri umumnya dipilih berdasarkan pada citra dari brand yang ingin dimunculkan. Sebagai contoh kecil, misalnya sebuah perusahaan ingin memasarkan brand kosmetik pria. Maka perusahaan tersebut harus mencari brand ambassador yang dapat mewakili citra brand terkait (umumnya pria maskulin yang memiliki kulit bersih).

Peran Brand Ambassador Untuk Strategi Marketing Kosmetik

Peran Brand Ambassador untuk strategi marketing
Sumber gambar: pexels.com/zhugewala

Melansir dari beberapa situs besar, kami menemukan beberapa peran brand ambassador dalam strategi marketing sebuah brand. Adapun beberapa peran yang dimaksud sebelumnya adalah sebagai berikut:

Sebagai Press Coverage (Liputan Pers)

Salah satu peran atau tugas seorang brand ambassador adalah menjadi Press Coverage. Press Coverage yang dimaksud di sini adalah membentuk citra dan juga preposisi suatu brand/produk dari sudut pandang target pasar.

Mengubah Persepsi Terhadap Suatu Brand

Seperti yang diketahui bahwa masih banyak konsumen lokal yang masih kurang yakin dengan brand/produk kosmetik dalam negeri. Dalam hal ini, brand ambassador dapat berperan sebagai pihak yang mengubah persepsi tersebut.

Dengan memilih brand ambassador yang tepat, maka tingkat kepercayaan terhadap suatu brand kosmetik dapat meningkat. Hal tersebut tentunya akan dapat memberikan dampak positif pada jumlah transaksi yang terjadi.

Dapat Menjadi Elemen Penarik Konsumen Baru

Peran brand ambassador kosmetik selanjutnya adalah menjadi elemen penarik untuk para konsumen baru. Ketika brand ambassador yang dipilih memiliki pengaruh besar (penggemar cukup banyak), maka hal tersebut akan meningkatkan jangkauan pemasaran produk. Sehingga konsumen baru pun akan terjaring.

Sebagai Brand Recall

Peran lainnya dari brand ambassador produk kosmetik adalah sebagai brand recall. Brand Recall disini maksudnya adalah brand ambassador yang dipilih akan membawa citra brand atau produk yang dipasarkan.

Ketika seorang brand ambassador berhasil mewakili sebuah brand atau produk kosmetik, maka hal tersebut akan membuat konsumen lebih mudah dalam mengingat produk anda. 

Sebagai contoh sederhana.

Ketika anda mendengar “Prilly Latuconsina“, maka ILY adalah salah satu nama brand kosmetik yang akan terlintas di benak banyak orang, khususnya kaum hawa.

Mempertahankan Citra Brand

Tidak hanya sekadar membentuk citra sebuah brand, brand ambassador juga memiliki tugas mempertahankan citra yang telah dibentuk. Setelah dipilih menjadi brand ambassador, maka sang brand ambassador harus menjaga citra dirinya tetap positif.

Singkatnya,

Citra Brand Ambassador = Citra Brand

Hal ini juga yang menjadi alasan mengapa di luar negeri, sejumlah brand ambassador yang terjerat kasus atau skandal, kebanyakan akan kehilangan kontrak brand ambassadornya.

Itulah sedikit ulasan dari kami mengenai peran brand ambassador dalam strategi marketing produk kosmetik.

Jika anda ingin memulai bisnis kosmetik, memilih brand ambassador yang tepat menjadi salah satu agenda yang harus anda pertimbangkan di masa depan. Selain itu, pastikan juga anda memilih jasa maklon kosmetik yang tepat sebagai mitra yang memproduksi produk kosmetik anda.

Semoga ulasan pendek ini dapat bermanfaat untuk anda. Jangan lupa juga mengikuti artikel menarik lainnya dari jasamaklon.co.id. Terima kasih telah membaca.

Baca Juga: Cara Bisnis Kosmetik Mudah Beromzet Puluhan Juta

Please 5 stars vote for this post

Tinggalkan komentar