Memutihkan Badan Secara Tradisional: Scrub dari Kunyit & Beras

Cara memutihkan badan secara alami dan tradisional dapat dilakukan dengan membuat scrub dari bahan-bahan yang ada di dapur. Tidak hanya memutihkan kulit tangan, tetapi untuk seluruh badan Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami. Memutihkan kulit secara alami memang tidak bisa dilakukan dalam waktu singkat dan cepat, setidaknya perlu waktu 1 minggu untuk melihat hasilnya. Namun, biasanya hasilnya permanen dan pastinya minim efek samping.

Jasamaklon.net akan membahas salah satu cara memutihkan badan secara tradisional dengan menggunakan scrub kunyit dan beras. Anda bisa mencobanya langsung di rumah. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

Macam-Macam Bahan Alami untuk Memutihkan Kulit

Sejak dulu nenek moyang telah menggunakan bahan-bahan alami untuk merawat kulit, termasuk mencerahkan. Bahan-bahan alami diolah dengan cara ditumbuk atau dihaluskan dengan tangan, kemudian langsung dioleskan pada permukaan kulit. Kebiasaan ini dilakukan terus menerus dan diwariskan ke anak cucu sehingga menjadi sebuah tradisi..

Beberapa bahan alami yang berkhasiat dapat ditemukan dengan mudah. Seperti bahan-bahan yang akan dibahas di bawah ini.

Tepung Beras

Tepung beras adalah salah satu bahan alami untuk memutihkan/mencerahkan kulit yang telah digunakan selama berabad-abad oleh sebagian besar wanita Asia. Dari beberapa sumber, tepung beras dipercaya memiliki manfaat sebagai anti-aging, antiinflamasi, kaya akan kandungan PABA (Para Amino Benzoic Acid) dan zat yang dapat menjaga kulit dari dampak buruk paparan sinar matahari, yakni asam ferulat dan allantoin. Selain itu, tepung beras juga dianggap sebagai bahan alami yang dapat menyerap minyak wajah dengan baik sehingga cocok digunakan pada kulit berminyak cenderung berjerawat.

Bubuk Kunyit

Kunyit mengandung zat antibakteri, antiinflamasi, antioksidan, zat besi, vitamin B6 dan magnesium. Kandungan-kandungan tersebut menjadikan kunyit dipercaya dapat mencerahkan, mengatasi jerawat, menutrisi kulit dan mencergah munculnya tanda-tanda penuaan dini.

Putih Telur

Dikutip dari Kompas, Departemen Pertanian Amerika menyatakan bahwa berdasarkan penelitian, satu putih telur menghasilkan sedikitnya 4 gram protein, sedangkan satu kuning telur sekitar 2,7 gram. Oleh karena itu, protein tertinggi di dalam telur diperoleh dari bagian putihnya.

Putih telur sangat diperbolehkan digunakan sebagai perawatan wajah dalam bentuk masker. Masker putih telur dipercaya dapat mengencangkan wajah, mengatasi jerawat dan mengontrol produksi minyak pada wajah. Anda juga bisa menambahkan perasaan lemon ke dalam masker putih telur agar hasilnya lebih maksimal. Namun, jika Anda memiliki alergi telur, jangan pernah mencobanya, ya.

Madu Murni

Memutihkan Badan

Madu mengandung antiseptik, antibakteri dan antiinflamasi alami yang bisa menyembuhkan luka dan meningkatkan produksi kolagen di dalam tubuh.

Lebih lengkapnya, Mona Gohara, M.D., seorang profesor di Departemen Asosiasi Klinik Dermatologi Yale, menyatakan dalam artikel womenshealthmag.com bahwa kandungan antibakteri, antiinflamasi dan antiseptik pada madu dapat menyamarkan bekas luka jerawat, mengurangi produksi sebum, serta mengandung antioksidan yang dapat membantu proses perbaikan kulit yang rusak.

Celia Shatzman menambahkan, madu mempunyai gula alami dan emolien yang tidak hanya berperan sebagai pelembap tetapi juga meningkatkan kadar air pada kulit sehingga terjaga dari kekeringan. Selain itu, madu memiliki enzim sebagai eksfoliator alami yang tidak menyakiti kulit karena teksturnya yang lembut.

Kelebihan Bahan Tradisional untuk Memutihkan Badan

Lebih Terjangkau

Umumnya, bahan tradisional memiliki harga yang lebih murah jika dibandingkan dengan obat kimia. Bahkan, Anda bisa menanam sendiri bahan-bahan tradisional yang berupa tanaman rumah.

Mudah Ditemukan

Selain harganya murah, mendapatkannya bahan tradisional pun mudah, contohnya kita bisa menemukan tanaman tradisional di sekitar rumah. Bahkan ada bahan tradisional yang ditanam untuk persedian obat keluarga.

Ramuannya Mudah Dibuat

Pencerah kulit dari bahan alami sangat mudah untuk diracik. Di rumah pun kita dapat membuatnya asalkan prosedurnya benar.

Meracik ramuan pencerah/pemutih kulit dengan bahan alami tidak membutuhkan peralatan dan campuran bahan yang spesifik., sedangkan untuk membuat obat kimia diperlukan bahan khusus dan komponen yang banyak. Ketika sangat membutuhkannya pun, kita perlu membelinya terlebih dahulu di apotek.

Bebas Toksin

Produk perawatan kulit yang terbuat dari bahan alami umumnya minim zat-zat berbahaya. Meskipun begitu, pembuatannya harus tetap steril dan sesuai takaran yang sesuai.

Produk Memutihkan Badan dari Bahan-Bahan Alami

Masker

Masker merupakan salah satu produk perawatan kulit yang mudah diaplikasikan sehingga digemari oleh banyak orang. Berdasarkan salah satu sumber, masker akan bekerja secara efektif jika digunakan sesuai dengan masalah kulit. Pada umumnya, masker digunakan satu kali dalam seminggu untuk perawatan kulit secara normal.

Manfaat signifikan dari masker di antaranya adalah:

  1. Membersihkan kulit sampai ke dalam pori-pori.
  2. Membuat kulit tampak bercahaya.
  3. Membantu mempersiapkan kulit untuk menyerap nutrisi dari skincare yang akan digunakan setelahnya.

Scrub

memutihkan badan

Scrub digunakan sebagai alat untuk mengangkat sel-sel kulit mati pada kulit. Oleh karena itu, scrub disebut juga sebagai bahan eksfoliator.

Sel-sel kulit mati yang menumpuk harus secara rutin dihilangkan karena dapat mengakibatkan kulit menjadi kusam. Pengelupasan sel-sel kulit mati, dirangkum dari artikel dermstore.com, akan membantu mencerahkan, memperbaiki warna kulit, memudarkan bintik-bintik hitam, membuka pori-pori, menghilangkan garis-garis halus dan kerutan serta mempersiapkan penyerapan nutrisi dengan baik pada kulit.

Ada dua jenis pengelupasan (eksfoliasi) pada kulit:

  1. Pengelupasan kimia, yakni menghilangkan sel-sel kulit mati dengan bantuan bahan kimia seperti AHA (Alpha Hdroxy Acids), BHA (Beta Hydroxy Acid), dan Enzim.
  2. Pengelupasan fisik, menghilangkan sel-sel kulit mati dengan bantuan produk exfoliants seperti scrub yang memiliki butiran-butiran halus dan lembut. Contohnya scrub madu, biji-bijian, garam, gula dll.

Tips Membuat Scrub Kunyit dan Beras untuk Memutihkan Badan

Kunyit dan beras bisa dimanfaatkan sebagai bahan eksfoliasi alami. Bahan tradisional ini sejak lama dipercaya mampu memutihkan badan dengan cara mengangkat sel-sel kulit mati secara optimal tanpa membuat kulit iritasi. Berikut cara membuat scrub dari kunyit dan beras dilansir dari salah satu sumber:

Pertama, siapkan kunyit dan tepung beras yang sudah dihaluskan. Kemudian, peras bubuk kunyit yang telah diberi air hingga menghasilkan ekstraknya. Campurkan air kunyit dengan tepung beras dan aduk hingga berbentuk pasta.

Oeskan scrub pada seluruh bagian tubuh sambil digosok perlahan dengan gerakan melingkar selama beberapa menit. Lalu diamkan scrub sekitar 5 menit hingga meresap ke dalam kulit. Setelah 5 menit,, bilas scrub menggunakan air hingga bersih.

Meskipun mudah dibuat, scrub tidak boleh terlalu sering digunakan. Cukup gunakan 1 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Jasa Maklon Produk Scrub Alami untuk Memutihkan Badan

Memang mudah meracik produk untuk memutihkan badan dalam bentuk scrub dengan bahan-bahan alami yang ada di rumah. Tapi, bukankah lebih efisien jika scrub sudah tersedia dalam bentuk yang dapat langsung digunakan? Terlebih untuk mereka yang tidak punya banyak waktu untuk meraciknya sendiri. Lihat saja, saat ini produk-produk perawatan kulit dalam bentuk scrub berbahan dasar alami sangat digemari.

Jika Anda memiliki produk scrub berbahan dasar alami dengan merek sendiri, sangat memungkinkan hal tersebut akan menjadi peluang bisnis yang menjanjikan! Tertarik? Apalagi, saat ini Anda bisa memiliki produk kosmetik tanpa harus bersusah susah membangun pabrik dan merekrut karyawan.

Bagaimana caranya?

Langsung saja hubungi PT ADEV Natural Indonesia! Perusahaan Jasa Maklon Kosmetik Terpercaya yang telah memproduksi puluhan ribu produk perawatan dan kecantikan tubuh dalam berbagai jenis untuk bermacam-macam merek.

PT. ADEV Natural Indonesia telah berpengalaman memproduksi kosmetik dengan bahan dasar alami. Hal ini yang menyebabkan produk-produk di ADEV terkenal ramah lingkungan dan aman digunakan. Baik bahan maupun proses, PT ADEV Natural Indonesia selalu memastikan kehalalan dan keamanannya demi produk yang berkualitas.

Jangan khawatir dengan jumlah minimal order dan biaya maklon. Kamu dapat mengaturnya bersama sales representative dari PT ADEV Natural Indonesia. Mereka juga akan selalu merespon konsumen dengan cepat dan tepat.

Masih bingung dengan jenis produk, spesifikasi dan formulanya? PT ADEV Natural Indonesia akan membuatkan kamu sampel GRATIS. Bahkan, sampel tersebut dapat kamu peroleh hanya dalam waktu dua jam!**

Sampel saja cepat, apalagi proses produksinya! Selain membantu dalam proses produksi, PT ADEV Natural Indonesia juga akan membantu kamu mengurus perizinan produk mulai dari merek (HKI), sertifikasi BPOM dan Halal MUI.

Jadi, tunggu apalagi?




 

 



Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *