3 Manfaat Daun Sirih untuk Wajah, Obati Jerawat Hingga Luka

Manfaat daun sirih untuk wajah ternyata sangat beragam, mulai dari mengobati jerawat sampai menyembuhkan luka. Namun sayangnya masih banyak yang belum mengenal kelebihan yang bisa dihasilkan dari tanaman alami tersebut. 

Tentu saja karena penggunaannya pun harus benar, jangan sampai berlebihan karena yang namanya menggunakan bahan alami berbeda dengan bahan kimia yang sudah memiliki perhitungan tepat di laboratorium. 

Untuk itu, penulis akan menjelaskannya secara rinci di dalam artikel ini tentang apa saja manfaat yang dihasilkan daun sirih, dan juga bagaimana cara menggunakannya yang benar sehingga tidak menimbulkan efek samping. 

Apa Saja Manfaat Daun Sirih untuk Wajah?

manfaat daun sirih
Sumber gambar: Toko Tanaman

Seperti yang sudah kamu ketahui, daun sirih adalah salah satu jenis tanaman merambat yang mempunyai bentuk seperti jantung dan berujung runcing. Tanaman tradisional ini tumbuh berselang-seling. 

Pada saat kamu meraba daunnya, maka kamu akan merasakan tekstur kasar. Selain itu, ketika kamu robek pun, daun sirih tersebut akan mengeluarkan  aroma sedap yang khas. Di Indonesia sendiri terdapat 2 jenis daun sirih yang terkenal, yakni: daun sirih hijau (Piper Betle L.), dan daun sirih merah (Piper Crocatum Ruiz). 

Lalu apa saja manfaat yang terkandung di dalam tanaman tradisional tersebut untuk wajah? Hm, pastinya kamu sudah tidak sabar, berikut penjabarannya manfaat daun sirih untuk wajah secara lengkap.

1. Mengobati Jerawat

Salah satu manfaat yang terkandung di dalam daun sirih adalah untuk mengobati jerawat. Jika kamu sedang mempunyai masalah kulit ini, kamu bisa menggunakan daun sirih yang berwarna hijau. 

Secara ilmiah sudah membuktikan bahwa tanaman tradisional tersebut mempunyai sifat antibakteri yang sangat baik dan kuat terhadap Propionibacterium Acnes atau juga disebut sebagai bakteri penimbul jerawat. 

Untuk menggunakan daun sirih sebagai obat jerawat pun sangat mudah, kamu hanya perlu melarutkan daun sirih tersebut dengan konsentrasi 20 mg/ml. Rebusan air dari daun sirih tersebut mempunyai manfaat karena mengandung fenol dan segala turunannya seperti flavonoid, tanin, dan saponin. Tentu saja itu semua dikenal baik sebagai antibakteri. 

2. Menyembuhkan Luka

Kalau manfaat yang satu ini mungkin sudah banyak diketahui. Nah, jika kamu sekarang sedang mempunyai luka di wajah, kamu bisa memanfaat daun sirih untuk menyembuhkan luka tersebut. 

Sebuah artikel ilmiah yang dipublish di halaman resmi Universitas Airlangga menjelaskan bahwa manfaat dari daun sirih salah satunya sebagai penyembuh luka ringan di wajah. Luka tersebut seperti luka gores dan juga infeksi bakteri (Staphylococcus Aureus).

Manfaat air dari tumbuhan tradisional tersebut bisa kamu dapatkan dari daun sirih berwarna merah. Tentu saja daun sirih jenis tersebut mempunyai kandungan yang sebagai penyembuh luka seperti alkaloid, flavonoid, saponin, polifenol, serta minyak atsiri yang akan berperan sebagai antibakteri terhadap kulit. 

3. Mengobati Alergi atau Rasa Gatal di Kulit Wajah

Selanjutnya, daun sirih juga berperan sebagai obat alergi dan juga gatal-gatal yang timbul di daerah wajah. 

Cara menggunakannya jika untuk alergi atau rasa gatal sangat mudah. Kamu hanya perlu hancurkan beberapa lembar daun sirih lalu ambillah ekstrak jusnya. Setelah itu campur dengan sedikit bubuk kunyit (bisa juga dengan parutan kunyit). 

Sesudahnya, jadikan ramuan tersebut sebagai masker wajah atau pada area yang mengalami alergi atau area yang terasa gatal-gatal. 

Bagaimana Cara Menggunakan Daun Sirih untuk Wajah Yang Aman?

manfaat daun sirih dan cara penggunaannya
Sumber gambar: JPNN

Nah, penting sekali untuk kamu mengetahui bagaimana cara menggunakan daun sirih yang aman untuk kulit wajah tanpa menimbulkan efek samping. Terlebih jika kamu mempunyai jenis kulit wajah sensitif sehingga bisa memicu reaksi alergi yang lebih mudah ketimbang kulit wajah normal. 

Kamu bisa mencoba terlebih dahulu dengan sistem trial-error yang aman seperti di bawah ini. 

  • Oleskan sedikit air rebusan dari daun sirih ke area wajah, kulit lengan bawah, atau bisa juga area di belakang telinga
  • Tunggu hingga 24 sampai 48 jam untuk melihat bagaimana reaksi yang terjadi pada kulit kamu
  • Apabila kulit kamu tidak mengalami reaksi alergi apapun (seperti kemerahan, iritasi, bengkak, dan tanda alergi kulit lainnya), maka kamu bisa menggunakan masker dari daun sirih tersebut dengan aman
  • Namun jika ternyata muncul reaksi alergi pada kulit wajah kamu, penulis sarankan untuk memilih produk perawatan wajah yang memang dikhususkan untuk wajah sensitif. Kamu bisa memilih brand terbaik yang sudah bekerja sama dengan jasa maklon kosmetik terpercaya.

Jadi seperti itulah 3 manfaat daun sirih untuk wajah yang bisa kamu pahami. Mulai sekarang, kamu bisa memanfaatkan tanaman tradisional tersebut sebagai perawatan wajah alami yang baik.

Baca Juga: Perawatan Kulit Wajah Berminyak dan Berjerawat

Please 5 stars vote for this post

Tinggalkan komentar