Jenis Pomade: Oil-Based Vs Water-Based

Pemilihan jenis pomade sebenarnya sangat penting lho supaya Anda bisa lebih paham mana yang cocok untuk jenis rambut Anda sendiri. Ternyata ada 2 jenis yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. 

Namun sayangnya, meskipun sudah masuk ke tahun 2022, masih ada banyak orang yang belum paham dengan perbedaan jenis pada pomade tersebut. Tidak perlu khawatir, Anda bisa jadi orang yang lebih update karena pada artikel ini kami akan membahas secara rinci tentang jenis tersebut. 

Apa Saja Jenis Pomade Beserta Kelebihan dan Kekurangannya?

Sebelum membahas lebih jauh, Anda harus paham dulu apa itu pomade. 

Melansir Cool Men’s, pomade adalah salah satu produk kosmetik pria yang bisa digunakan untuk membentuk rambut. Istilah pomade sendiri asalnya dari bahasa latin, yaitu pomun yang memiliki arti ‘apel’. 

Ya memang, kalau mau ‘apel’ ke rumah doi, rambutnya harus rapi dan wangi 

Iya dong! Makanya, Anda perlu paham nih apa saja jenis-jenis pomade supaya rambut bisa ditata semakin rapi dan menghasilkan tampilan yang semakin tampan dan mempesona. 

1. Pomade Oil-Based

Jenis pomade yang pertama ini terbuat dari bahan dasar minyak. Nah, yang menariknya adalah, Anda bisa mendapatkan bentuk atau tampilan rambut yang rapi lebih lama meskipun kepala dalam keadaan berkeringat dan terkena guyuran hujan sekalipun. 

Kami sangat menyarankan Anda yang sering kali melakukan aktivitas di luar ruangan untuk menggunakan pomade dengan oil-based ini. Selain itu, jenis ini juga cocok dan mudah digunakan pada rambut panjang, tebal, bahkan yang susah untuk diatur. Yuk, say good bye untuk rambut berantakan!

Kelebihan

Seperti yang sudah kami jelaskan di atas, jenis pomade oil-based ini bisa bikin tampilan rambut Anda sangat awet dan tahan dari keringat serta percikan hujan. 

Selain itu, karena berbahan dasar minyak, tentu saja rambut Anda tidak akan mudah kering dan juga kaku karena jenis tersebut memiliki sifat yang lembab. 

Kekurangan

Hm, sayangnya jenis oil-based ini bikin rambut Anda jadi susah untuk dibersihkan karena sifatnya yang cenderung lembab dan juga keras. Tentu saja jadinya membuat kotoran dan debu lebih mudah menempel di rambut Anda. 

Namun jangan khawatir! Masalah tersebut masih bisa Anda atasi dengan cara membersihkan atau keramas rambut secara berulang kali. Anda juga bisa menggunakan shampo khusus pomade dengan brand yang bekerjasama oleh jasa maklon kosmetik.

2. Pomade Water-Based

Yang kedua ada pomade dengan jenis water-based atau yang berbahan dasar air. Nah perbedaannya dengan oil-based, pomade yang terbuat dari bahan dasar air ini memiliki tekstur yang hampir mirip dengan gel. 

Tenang saja! Meskipun teksturnya solid, pomade water-based mudah diaplikasikan pada rambut sehingga menghasilkan tampilan yang rapi. 

Pomade jenis ini akan memberikan kesan yang ringan pada saat Anda gunakan. Sayangnya, ketahanan yang dihasilkan tidak selama oil-based. Apabila terkena keringat ataupun air hujan, pomade water-based mudah hilang. Maka dari itu, untuk Anda yang lebih sering melakukan aktivitas di dalam ruangan, Anda bisa menggunakan pomade dengan jenis ini. 

Kelebihan

Karena bahan dasarnya dari air, pomade water-based mudah dibersihkan. Selain itu, Anda bisa menggunakan shampo apapun dan tidak harus yang dikhususkan untuk penggunaan pomade. Jadi hanya dengan sekali keramas, semua produk pomade yang menempel di kepala akan mudah hilang. 

Kekurangan

Karena ketahanannya yang tidak cukup lama, sehingga akan membuat tatanan rambut Anda lebih mudah berantakan. Apalagi jika terkena keringat dan juga percikan hujan. 

Jadi, pomade dengan jenis water-based memang lebih cocok digunakan untuk aktivitas dalam ruangan saja. Selain itu, jenis tersebut juga bisa membuat rambut menjadi lebih kering. Hasilnya adalah Anda jadi tidak bisa sering-sering menata ulang rambut. 

Rekomendasi Pomade Terbaik

Jika Anda sedang kebingungan memilih produk pomade terbaik, di bawah ini kami akan berikan beberapa rekomendasi produk penataan rambut yang bisa Anda pilih. 

Produk Pomade Oil-Based

1. Gatsby Styling Pomade Supreme Grease (Harga mulai dari Rp 31.000)

2. Murray’s Superior Pomade (Harga mulai dari Rp 65.000)

3. SMITH Men Supply – Oil Based Pomade: Fine Shine (Harga mulai dari Rp 100.000)

Produk Pomade Water-Based

1. Altindo Asia – Barbers Pomade Firm Hold (Harga mulai dari Rp 65.000)

2. Wak Doyok Pomade (Harga mulai dari Rp 150.000)

3. Uppercut Deluxe – Featherweight (Harga mulai dari Rp 280.000)

Jadi itulah 2 jenis pomade dan beberapa rekomendasinya yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Dengan menggunakan produk penata rambut ini, Anda bisa tampil lebih percaya diri dan mempesona.

Please 5 stars vote for this post

Tinggalkan komentar