7 Ciri Ciri Muka Alergi Kosmetik dan Penyebabnya

Ciri ciri muka alergi kosmetik sangat mengerikan, deh! Pasalnya, hal tersebut merupakan suatu reaksi pada kulit (atau bagian tertentu) yang disebabkan oleh kandungan bahan aktif tertentu pada kosmetik. Nah, jika kamu sedang merasakan gatal serta memerah pada wajah, kamu harus baca artikel ini sampai habis untuk mendapatkan pengetahuan baru. 

Seperti yang kamu ketahui, produk kosmetik memang bisa menimbulkan alergi kepada pemakainya apabila tidak cocok. Produk kosmetik sendiri seperti make up, tabir surya (sunscreen atau sunblock), dan skincare. Jadi sangat penting bagi kamu untuk mengetahui apa saja ciri ciri muka alergi kosmetik

Apa Saja Ciri Ciri Muka Alergi Kosmetik?

Nah, ciri-ciri wajah yang mengalami alergi akibat pemakaian kosmetik biasanya timbul secara langsung ataupun saat pemakaian beberapa jam. Jika kamu mengalami tanda-tanda di bawah ini, artinya terdapat reaksi alergi yang ditimbulkan dari produk kosmetik yang kamu gunakan. 

  1. Kulit wajah gatal
  2. Muncul ruam di wajah atau daerah tertentu
  3. Adanya bintik merah
  4. Timbul sensasi perih dan terbakar
  5. Kulit kering hingga pecah-pecah
  6. Lidah dan bibir mengalami bengkak
  7. Mata berair, memerah dan gatal

Meskipun reaksi alerginya terlihat ringan, namun penulis menyarankan apabila timbul efek tersebut pada kulit wajah kamu sekarang ini, sebaiknya hubungi dokter dan mulailah gunakan produk kosmetik yang bekerja sama dengan jasa maklon kosmetik

Penyebab Terjadinya Alergi Kosmetik

Banyak orang yang ingin tampil cantik, untuk itu penggunaan kosmetik sangat membantu. Namun sayangnya masih banyak yang tidak memperhatikan apa saja kandungan di dalam kosmetik yang bisa menyebabkan alergi ringan hingga berat. 

Penulis banyak sekali membaca berbagai keluhan dari forum kecantikan, mulai dari munculnya kemerahan pada wajah, rasa gatal, bahkan ruam yang sering terjadi akibat pemakaian kosmetik yang tidak cocok bahkan berbahaya. Untuk itu, coba perhatikan beberapa kandungan kosmetik di bawah ini yang sering menimbulkan efek samping terhadap pemakainya. 

1. Zat Pewangi atau Parfum

Tidak sedikit kosmetik dan juga skincare yang menggunakan zat pewangi di dalamnya. Biasanya dapat ditemukan pada produk seperti krim dan serum wajah. Tujuan awalnya penggunaan zat pewangi memang untuk memberikan aroma segar saat memakainya. 

Namun sayangnya, untuk beberapa tipe kulit seperti kulit sensitif tidak cocok menggunakan produk yang mengandung bahan wangi ini. 

2. Logam

Kamu pasti sudah sering mendengar kosmetik atau skincare mengandung merkuri. Yup, itu adalah salah satu jenis logam yang hukumnya haram digunakan pada wajah jika tidak memenuhi standar laboratorium.

Kenapa tidak boleh menggunakan kosmetik dengan kandungan logam yang tinggi? 

Sering sekali dokter spKK (spesialis kulit dan kelamin) memberikan edukasi tentang produk kosmetik yang mengandung merkuri atau logam yang tinggi. Hal tersebut sangat dilarang karena akan menimbulkan efek samping yang berbahaya, bahkan sampai kematian. 

Logam sendiri terdiri dari beberapa jenis seperti zinc, kobalt, aluminium, dll. Biasanya ditemukan pada produk perawatan wajah, lipstik, eyeliner, dll. 

3. Kandungan Asam

Memang, kandungan asam di dalam kosmetik bisa membantu pengelupasan sel kulit mati. Namun sayangnya, jika digunakan pada beberapa tipe kulit wajah justru menimbulkan efek samping yaitu alergi. 

Kandungan asam yang sering sekali kamu temukan pada produk kosmetik seperti asam AHA (lactic acid dan glycolic acid) dan juga BHA (asam salisilat). Pada beberapa kulit yang rentan mengalami alergi, kandungan asam bisa menyebabkan purging, kulit kering, bahkan jerawat bruntusan.

4. Minyak Esensial

Hm, padahal minyak esensial sangat baik untuk tubuh, namun kenapa bisa menyebabkan alergi, ya? 

Yup, minyak esensial sering kali ditemukan pada produk krim, serum, dan sabun pembersih wajah yang juga dikombinasikan dengan scrub. Namun jenis kandungan ini juga sering menimbulkan reaksi alergi, khususnya pada kulit wajah sensitif dan berjerawat. Alergi yang ditimbulkan seperti: ruam, kulit kering dan mengelupas, jerawat, hingga rasa gatal pada wajah. 

Jadi seperti itulah ciri ciri muka alergi kosmetik yang umum timbul. Jika kamu sedang mengalami salah satu ciri reaksi alergi di atas, penulis menyarankan untuk melihat kembali kandungan yang terdapat di produk kosmetik yang kamu gunakan, dan gantilah dengan produk yang lebih cocok. 

Namun jika alergi yang timbul parah dan berat, penulis lebih menyarankan kamu untuk melakukan konsultasi lebih lanjut ke dokter kulit.

Baca Juga : Cara Membedakan Cream Pemutih Wajah Palsu dan Asli

Please 5 stars vote for this post

Tinggalkan komentar