cara memilih skincare

4 Cara Memilih Skincare Yang Mudah dan Aman untuk Pemula

Kalau sudah bahas perawatan kulit dan wajah memang identik sekali dengan perempuan. Nah, untuk kamu girl… sudah paham belum dengan cara memilih skincare yang cocok untuk kulit kamu?

Pakai skincare jangan hanya dari ‘katanya’ saja, ya! Katanya si ini bagus, katanya si itu bagus. Bagus untuk mereka, belum tentu bagus dan cocok di kamu. Bisa jadi dari bagus itu justru malah menimbulkan masalah wajah yang lebih serius. Hmm.. tidak mau kan?.

Skincare adalah produk-produk kecantikan yang dibuat untuk merawat, memperbaiki, bahkan mengobati masalah wajah. Nah, untuk kamu yang mungkin belum tahu dan masih pemula di dunia per-skincare-an, penting simak beberapa informasi di bawah ini. 

Cara Memilih Skincare Yang Mudah dan Aman

cara memilih skincare
Sumber gambar: pexels.com/ Arina-Krasnikova

Memilih produk skincare mungkin akan sulit untuk beberapa perempuan karena susah menemukan produk yang cocok untuk kulitnya. 

Namun, sebenarnya ada cara yang mudah untuk bisa menemukan produk skincare apa yang sebenarnya cocok di kulit yang sesuai dengan tipe kulit wajah.

1. Kenali Jenis Kulit 

Tidak ada bosan-bosannya mengingatkan untuk memilih skincare yang bagus dan aman harus mengenali kondisi dan jenis kulit sendiri. Setiap orang mempunyai masalah kulit wajah yang berbeda-beda seperti kulit berminyak, kulit kering, kulit sensitif, dan kulit kombinasi.

Bagaimana cara tahu jenis kulit wajah kamu? 

Jika kulit kamu cepat memunculkan kerutan atau tampak kusam, kamu memiliki kulit kering. Jika kulit kamu terasa banyak minyak mengkilap, maka kamu memiliki kulit berminyak. 

Apabila berminyak hanya pada daerah kening, hidung, dan dagu sementara kering di bagian pipi maka tipe kulit kamu kombinasi. Yang terakhir, kulit kamu sensitif apabila sering timbul jerawat dan kemerahan.

2. Harus ada BPOM

Yup, benar sekali. Dalam memilih produk perawatan, pilihlah produk yang sudah mengantongi izin dari laboratorium atau BPOM. 

Produk dengan izin dari laboratorium sangatlah penting. Jika sudah ada izinnya maka bisa dipastikan produk tersebut sangat aman digunakan. Namun jika sebaliknya, disarankan kamu tidak memilih atau membelinya untuk menghindari terjadinya breakout pada wajah.

3. Kandungan Skincare

Apa kamu pernah terpikirkan apakah semua produk yang aman akan cocok di semua kulit? Jawabannya tentu tidak!. Karena dalam cara memilih skincare,  ada sebagian produk yang mengandung beberapa komposisi yang tidak bisa digunakan untuk sebagian jenis kulit. 

Misalnya produk skincare yang mengandung parfum, sudah dipastikan produk tersebut tidak akan cocok untuk jenis kulit sensitif karena akan memperparah kondisi wajah. 

Ada juga komposisi alkohol dan retinol yang tidak cocok digunakan oleh kulit kering karena akan semakin membuat wajah kering.

4. Tidak Ada Hasil Instan

Iklan suatu produk memang sengaja dibuat menarik agar orang lain membelinya. Namun, kamu perlu menghindari produk-produk yang menawarkan hasil instan seperti cepat putih, cepat menghilangkan flek hitam, cepat menghilangkan jerawat, dll. 

Jika kamu pernah menemui iklan produk kecantikan di internet seperti itu, jangan tergoda untuk membelinya karena tidak ada skincare yang hasilnya akan terlalu cepat. Semuanya akan ada proses untuk penyembuhan dan perawatan kulit wajah. 

Terlebih, skincare tidak bisa memutihkan, skincare hanya bisa mencerahkan kulit kamu. Jadi hal itu pun yang harusnya kamu perhatikan. 

Macam-macam Basic Skincare

Macam-macam Skincare
Sumber gambar: pexels.com/RODNAE-Production

Nah, sesudah mengetahui bagaimana memilih skincare yang aman. Kamu perlu tahu apa saja basic skincare yang harus digunakan untuk pemula. Basic skincare tersebut dinamai CTMP (Cleanser, Toner, Moisturizer, Protection).

1. Cleanser 

Sabun cuci muka termasuk kedalam tahap cleanser. Namun untuk hasil yang lebih baik, kamu bisa melakukan double cleanser. Jadi sebelum mencuci wajah dengan sabun wajah, kamu perlu membersihkan wajah kamu dulu menggunakan milk cleanser atau micellar water.

2. Toner 

Setelah mencuci wajah dengan sabun, pH wajah akan menjadi naik. Untuk menyeimbangkan pH tersebut diperlukan toner. Cara memakai toner adalah bisa dengan menggunakan kapas. Jadi tuangkan cairan toner ke kapas lalu usapkan perlahan ke wajah kamu. 

3. Moisturizer 

Kalau yang ini biasa disebut juga sebagai pelembab. Wajah otomatis menjadi kering setelah mencuci wajah dengan sabun. Jadi diperlukan pelembab untuk melembabkan kulit yang kering menjadi lebih sehat. 

4. Protection

Yang terakhir ada protection yang berperan untuk melindungi wajah kamu dari paparan sinar matahari. Sunscreen termasuk ke dalam produk protection ini. Pilihkan produk yang ber-SPF minimal 30. Lebih bagus jika SPFnya lebih dari angka tersebut. 

Nah, begitulah tips cara memilih skincare dan juga beberapa jenis basic skincare yang perlu kalian coba. Dengan memahami cara memilih skincare, kamu bisa tahu mana saja nantinya produk yang aman dan cocok untuk jenis kulit wajah kamu. 

Pilihlah yang mengandung komposisi yang cocok dengan kulit kamu.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *