Apa Itu Skincare Wajah dan Mengapa Itu Penting?

Apa itu skincare wajah? Hm, bagi sebagian orang masih banyak yang bertanya mengenai hal tersebut meskipun sekarang trend produk kecantikan sangat naik. 

Biasanya, orang-orang yang baru pertama kali ingin menggunakan produk perawatan kulit akan bertanya seperti pertanyaan tersebut. Mungkin juga, apakah skincare dan kosmetik sama? Mari temukan jawabannya. 

Apa Itu Skincare Wajah Sebenarnya ?

Skincare atau yang disebut juga perawatan kulit merupakan bagian dari rangkaian perawatan wajah sehari-hari karena harus dilakukan secara teratur. 

Perawatan kulit seharusnya menjaga kulit wajah supaya tetap sehat. Selain itu, kulit wajah yang sehat dengan perawatan dapat dikenali dari tekstur, warna, kelembaban, elastisitas dan iritasi kulit. 

Terlebih, jika rajin menggunakan serangkaian tersebut kulit wajah akan bebas dari kusam, tidak mengalami penuaan dini, dan selalu tampak terhidrasi.

Nah, apabila kulit wajah yang sehat tandanya lebih mudah menyerap berbagai nutrisi dari produk perawatan kulit yang digunakan. Skincare adalah jenis perawatan kulit yang dapat memperbaiki penampilan dan fungsi kulit di wajah. 

Rutinitas tersebut bermanfaat tidak hanya untuk kesehatan kulit saja, namun juga untuk kesehatan mental. Perawatan kulit adalah rutinitas yang menyenangkan yang dapat menghasilkan hasil positif dan bahkan bisa menjadi hobi baru seseorang untuk mendapatkan kebahagiaan karena hasil dari pemakaian produk. 

Maka dari itu, sekarang sudah banyak beauty influencer yang senang berbagi hal menarik dan informatif dari produk-produk skincare yang mereka gunakan. 

Nah, sampai di sini, apakah kamu sudah tertarik untuk rutin melakukan perawatan wajah? 

Kenali Jenis Kulit Wajah Sendiri

Tapi… Tunggu dulu. Apa kamu sudah kenal dengan jenis kulit wajah kamu sendiri?

Tentu saja jika ingin melakukan perawatan rutin, jenis kulit pada wajah harus diidentifikasi terlebih dahulu. Jangan pilih produk perawatan kulit dengan asal karena justru dapat memberikan efek negatif. Sederhananya, pilih serangkaian produk yang memang tepat untuk masalah kulit kamu.  

Untuk menentukan jenis kulit, perhatikan secara khusus kondisi kulit tanpa make-up selama beberapa jam setelah mandi. Apabila kamu melihat sedikit minyak mengkilap di bagian tertentu, tandanya kamu mempunyai jenis kulit berminyak. 

Jika terasa kering atau bersisik, berarti kulit termasuk jenis kulit wajah yang kering. Jika kamu memiliki kulit kering di beberapa area dan kulit berminyak di area lain (biasanya zona T, yaitu dahi, hidung, dan juga dagu), berarti kamu memiliki kulit kombinasi. 

Namun, apabila kamu sama sekali tidak merasakan adanya masalah di atas, berarti kamu mempunyai jenis kulit yang normal. 

Macam-Macam Skincare Wajah

Setelah mengetahui apa jenis kulit wajah yang kamu miliki, mari selanjutnya bahas apa saja produk perawatan wajah yang harus kamu gunakan untuk memperbaiki masalah pada wajah tersebut. 

1. Pembersih Wajah (Facial Cleanser)

Varian perawatan kulit yang pertama, pembersih wajah atau facial cleanser ini wajib kamu miliki. Produk perawatan kulit ini sangat penting untuk dapat digunakan dalam rutinitas skincare untuk menghilangkan debu, kotoran dan sisa make up yang mungkin menempel pada kulit wajah setelah aktivitas di luar maupun di dalam ruangan. 

Hm, pada dasarnya, yang membuat wajah kusam tidak hanya kotoran dari luar ruangan saja, melainkan kotoran atau debu di dalam ruangan pun dapat menjadikan kulit wajah tampak tidak cerah. 

Saat ini, ada banyak variasi pembersih wajah dengan tekstur yang berbeda untuk kamu pilih. Ada yang berbasis air, berbasis minyak, dan berbasis susu, yang semuanya bisa dipilih berdasarkan kebutuhan kulit kamu.

Kabar baiknya, serangkaian macam produk tersebut sudah teruji oleh jasa Maklon Kosmetik untuk digunakan sebagai pembersih wajah pertama sebelum menggunakan sabun cuci muka. 

2. Sabun Cuci Muka (Facial Wash)

Sehabis membersihkan wajah dengan pembersih tadi, langkah selanjutnya adalah mencuci muka dengan facial wash atau sabun cuci muka. Langkah ini sangat penting untuk memastikan kulit kamu benar-benar bersih dari kotoran. 

Namun, jangan gunakan sabun cuci muka yang tidak sesuai juga, ya! Banyak produk yang dikhususkan untuk jenis kulit wajah tertentu. Misalnya hanya untuk kulit wajah berminyak, sensitif, berjerawat, kulit kering, dll. 

3. Toner

Berikutnya, ada toner yang wajib kamu gunakan sehabis membersihkan wajah dengan sabun wajah tadi. Jenis skincare yang satu ini berfungsi untuk menstabilkan PH wajah sehabis terkena sebum, sehingga kulit menjadi lebih lembab dan tampak lebih bersih. 

4. Serum Wajah 

Ya, serum adalah jenis produk perawatan kulit yang mengandung bahan khusus untuk merawat kulit dengan kebutuhan yang lebih spesifik. Mulai dari kulit kusam, kulit kering, garis halus pada kulit, jerawat, dll. Kamu bisa memilih serum wajah dengan fungsi khusus yang sesuai dengan kebutuhan kulit wajah kamu.

5. Pelembab (Moisturizer)

Produk perawatan kulit ini pasti sudah kamu kenal! Ya, itu pelembab! Sincare ini adalah suatu keharusan bagi semua jenis kulit karena memiliki banyak manfaat. Fungsinya untuk menjaga efektivitas kelembaban pada kulit dan membuatnya tampak sehat dan kenyal. 

Namun, penggunaan pelembab mungkin masih dipandang sebelah mata bagi sebagian orang, terutama yang memiliki kulit wajah berminyak. Nah, kamu jangan sampai melewati tahapan skincare yang ini, ya! 

6. Sunscreen

Jenis skincare yang terakhir ini mungkin masih banyak disepelekan, terlebih untuk orang-orang yang banyak melakukan aktivitas di dalam ruangan saat siang hari. Faktanya, penggunaan sunscreen ini adalah step yang paling terpenting karena menjaga kulit wajah dari paparan sinar matahari yang berbahaya. 

Meskipun kamu berada di dalam ruangan saat siang hari, pemakaian sunscreen tetap diperlukan. Coba kamu lihat ke bagian jendela ruangan pastinya sinar matahari masih bisa menembus ruangan dan wajah kamu mengenai sinarnya. 

Jadi itu lah definisi apa itu skincare wajah dan juga variasinya. Perlu diingat lagi, pilihlah skincare yang cocok untuk kebutuhan kulit kamu. Jangan asal sembarang pilih karena nantinya malah akan merusak atau memperburuk kondisi kulit wajah.

post

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Punya ide bisnis Kosmetik Brand Sendiri?

Butuh Sampel Produk & Penawaran Harga Maklon Kosmetik?

Hubungi kami untuk konsultasi bisnis produk kosmetik, request contoh produk dan penawaran harga maklon kosmetik terbaik.
Scroll to Top