Kosmetik: Pengertian, Sejarah, Penggolongan dan Jenisnya

Kosmetik terbaik dan terlaris saat ini datang dari berbagai merek. Produk kosmetik pun pun bukan lagi sebuah barang langka, terlebih adanya kosmetik online shop yang menjamur. Namun, belum tentu semua yang mengenal jenis-jenis kosmetik paham sejarah kosmetik, lho. Nah, di bawah ini, jasamaklon.co.id akan membahasnya secara lengkap termasuk sejarah dan penggolongannya. Yuk, simak pembahasannya!

Apa Itu Kosmetik?

Banyak sekali definisi dan persepsi mengenai kosmetik. Namun, sebenarnya apa itu kosmetik? Berikut pengertiannya dari Badan POM dan Permenkes (Peraturan Menteri Kesehatan).

Pengertian Kosmetik Menurut BPOM dan Permenkes

BPOM atau Badan Pengawasan Obat dan Makanan mendefinisikannya sebagai bahan atau sediaan yang biasa digunakan pada bagian luar tubuh manusia (epidermis, rambut, kuku, bibir, dan organ genital bagian luar termasuk bagian gigi dan mukosa mulut). Tujuannya untuk membersihkan, mewangikan, mengubah penampilan atau memperbaiki bau badan atau melindungi dan memelihara tubuh pada kondisi baik.

Sementara itu, Permenkes mendefinisikannya sebagai bahan atau campuran bahan untuk digosokan, diletakan, dituangkan, dipercikkan atau disemprotkan, dimasukkan, dipergunakan pada badan atau bagian badan dengan maksud untuk membersihkan, memelihara, menambah daya tarik atau mengubah rupa dan tidak termasuk golongan obat.

Dari pengertian di atas, bisa ditarik kesimpulan bahwa kosmetik adalah bahan atau sediaan yang hanya bisa digunakan di bagian luar tubuh saja. Tujuannya untuk memperbaiki, melindungi serta menutrisi tubuh yang diaplikasikan.

Bagaimana Kosmetik Ditemukan?

Dilansir dari Wikipedia, kosmetik diketahui sudah ada dan digunakan sejak 7.000 SM. Menurut beberapa sumber, kosmetik ditemukan pada masa kekaisaran Firaun, yakni zaman Mesir Kuno. Pada waktu itu, ditemukannya minyak jarak sebagai pengganti balsem dan krim kulit. Di waktu yang sama, bangsa Yunani kuno juga mulai menggunakan krim kulit yang terbuat dari lebah, minyak zaitun, dan air mawar.

Kemudian pada abad 1.500 SM, masyarakat China dan Jepang mulai menggunakan pemutih wajah yang terbuat dari tepung beras. Sementara, masyarakat Tiongkok menggunakan jamur Tremella Fuciformis sebagai pelembap dan anti-aging. 

Permintaan kosmetik secara mengejutkan meningkat di Eropa pada abad ke-16. Kalangan atas seperti bangsawan pun mulai menggunakannya. Namun, menginjak abad ke-19, penggunaannya di Eropa dilarang oleh Ratu Victoria. Kosmetik yang hanya digunakan oleh para pemain teater, saat itu dianggap sebagai sesuatu yang vulgar. Barulah pada pertengahan abad ke-20 penggunaan kosmetik telah meluas di seluruh dunia, terutama negara-negara industri.

Penggolongan Kosmetik

Dilansir dari beberapa sumber, penggolongan kosmetik terbagi atas tiga kategori. Pertama, penggolongan menurut peraturan Menteri Kesehatan RI, penggolongan menurut sifat dan cara pembuatannya, dan penggolongan menurut penggunaannya pada kulit.

Penggolongan Menurut Peraturan Menteri Kesehatan RI

  1. Preparat untuk bayi, contohnya: minyak bayi, bedak bayi, sampo bayi, sabun bayi dll.
  2. Preparat untuk mandi, contohnya: sabun mandi, bath capsule dll.
  3. Preparat untuk mata, contohnya: mascara, eyeshadow, eye liner dll.
  4. Preparat wangi-wangian, contohnya:  parfum, toilet water, dll
  5. Preparat untuk rambut, contohnya: cat rambut, hair spray, dll
  6. Preparat pewarna rambut, contohnya:  pewarna rambut, dll
  7. Preparat make-up (kecuali mata), contohnya: bedak, lipstick, dll
  8. Preparat untuk kebersihan mulut, contohnya: pasta gigi, mount washes, dll
  9. Preparat untuk kebersihan badan, contohnya:  deodorant, dll
  10. Preparat kuku, contohnya:  cat kuku, lotion kuku, Tiner atau penghapus kutek  dll
  11. Preparat perawatan kulit, contohnya:  pembersih pelembab, pelindung, dll
  12. Preparat cukur, contohnya:  sabun cukur, dll
  13. Preparat untuk suntan dan sunscreen, contohnya: sunscreen foundation, dll

Penggolongan Menurut Sifat dan Cara Pembuatan

Modern

Kosmetik modern dibuat dari bahan kimia dan diolah secara modern menggunakan mesin yang sudah berteknologi tinggi. Salah satu contohnya cosmedics (cosmetics for medics)

Tradisional

Kosmetik tradisional, pengelompokannya dibagi lagi menjadi 3: 1) Original/benar-benar tradisional, 2) Semi tradisional dan 3) Tradisional secara namanya saja. 

  • Kosmetik yang benar-benar tradisional, terbuat dari 100 persen bahan alam dan diolah berdasarkan resep turun-temurun.
  • Kosmetik tradisional secara namanya, dibuat tanpa ada bahan-bahan tradisional di dalamnya ditambah lagi dengan zat pewarna yang menyerupai bahan tradisional. 

Penggolongan Menurut Penggunaannya Pada Kulit

Perawatan Kulit

  • Cleanser/Pembersih Kulit, misalnya sabun, cleansing cream, cleansing milk, dan freshener atau penyegar kulit.
  • Moisturizer/Pelembab kulit, misalnya Day Cream, Night Cream, dan Anti-wrinkle Cream.
  • Sunscreen/ Pelindung kulit, misalnya foundation, sunblock, cream atau lotion.
  • Peeling/Kosmetik untuk mengangkat lapisan kulit mati/eksfoliasi, misalnya scrub.

Dilansir dari kompasiana.com, kosmetik perawatan sendiri dikategorikan lagi menjadi diantaranya:

Perawatan Kulit Bermasalah

Produk untuk kulit bermasalah adalah produk perawatan yang dijual tidak sembarang. Biasanya direkomendasi dari dokter sehingga penggunaanya pun sesuai dengan anjuran dan hasil konsultasi sebelumnya dengan dokter. Permasalahan kulitnya seperti jerawat batu yang berlebih di wajah, flek hitam yang menyebabkan kulit menggelap dengan cepat dan lainnya.

Perawatan Kulit Tidak Bermasalah

Bentuk produk untuk perawatan kulit tidak bermasalah biasanya dijual secara luas. Anda bisa membeli dengan mudah di drugstore atau apotik dan bisa juga dijual secara online di marketplace.

Kosmetik Riasan (Decorative Cosmetic)

Kosmetik dekoratif sering disebut dengan makeup atau riasan. Penggunaan riasan ditujukan untuk menambah, memperbaiki dan mengubah penampilan supaya tampak lebih cantik. Misalnya bedak, foundation, blush on, eyeshadow, eyeliner, lipstick, cat kukut atau kutek dll. Biasanya menggunakan zat pewarna dan pewangi yang banyak.

Riasan hanya menimbulkan efek pada permukaan dan pemakaiannya sebentar. Jadi, tidak benar-benar merawat dan menutrisi kulit dengan baik.

Jasa Maklon Kosmetik PT ADEV Natural Indonesia

Kosmetik sudah menjadi sebuah kebutuhan. Bahkan, kaum wanita terkadang mengutamakannya dibanding kebutuhan lainnya. Dapat dilihat, setiap produk yang muncul pasti langsung booming dan memiliki peminatnya sendiri. Apapun produknya, mulai dari yang ditujukan untuk perawatan sampai yang hanya digunakan sebagai riasan, pasti laris dipasaran. Tentu saja produk tersebut harus memiliki sebuah keunikan atau sesuatu yang menarik, misalnya dari segi kemasan.

Tentu saja, fenomena ini menjadi sebuah peluang bisnis yang menjanjikan untuk Anda,. Bayangkan saja jika Anda memiliki produk kosmetik dengan merek sendiri. Keuntungan yang besar sangat mungkin untuk Anda dapatkan!

Bingung bagaimana memulainya?

Langsung saja hubungi PT. ADEV Natural Indonesia!

ADEV Natural Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pembuatan kosmetik. Perusahaan ini telah dipercaya memproduksi puluhan ribu produk perawatan dan kecantikan tubuh dalam berbagai jenis untuk bermacam-macam merek.

PT. ADEV Natural Indonesia berpengalaman memproduksi kosmetik dengan bahan-bahan alami. Produk-produk ADEV terkenal ramah lingkungan dan aman digunakan. Baik bahan maupun proses pembuatan, kehalalan dan keamanannya selalu dijaga demi produk yang berkualitas.

Jangan khawatir dengan jumlah minimal order dan biaya maklon. Anda dapat mengaturnya bersama sales representative dari PT ADEV Natural Indonesia. Mereka yang akan selalu merespon konsumen dengan cepat dan tepat.

Masih bingung dengan jenis produk, spesifikasi dan formulanya? PT ADEV Natural Indonesia akan membuatkan Anda contoh produk kosmetik berkualitas. Bahkan, sampel tersebut dapat Andaperoleh hanya dalam waktu dua jam.**

Sampel saja cepat, apalagi proses produksinya! Selain membantu dalam proses produksi, PT ADEV Natural Indonesia juga akan membantu Anda mengurus perizinan produk mulai dari merek (HKI), sertifikasi BPOM dan Halal MUI.

Selain itu, PT ADEV Natural Indonesia juga akan membantu Anda membuat desain kemasan yang menarik jika Anda belum memilikinya. Produk yang berkualitas tanpa kemasan yang menarik bisa jadi tidak berhasil di pasaran.

Jadi, tunggu apalagi?

Please 5 stars vote for this post

Tinggalkan komentar