Apa Bedanya Skincare dan Make Up untuk Kulit Wajah?

Apa bedanya skincare dan make up? Hayo pasti masih banyak yang menyebut semua produk kecantikan adalah make up atau bahkan skincare. Pada faktanya, kedua hal tersebut sama sekali tidak sama, lo meskipun keduanya digunakan di wajah. 

Aduh… Terus apa dong perbedaanya? 

Tenang… Tenang… 

Di dalam artikel ini kamu akan menemukan banyak informasi penting mengenai kedua hal tersebut. Supaya tidak berlama-lama lagi, yuk langsung saja dibahas! 

Apa Bedanya Skincare dan Make Up Sebenarnya? 

Skincare dan make up bukan lah hal yang saling bersangkutan meskipun masuk ke dalam kategori kecantikan. Skincare adalah serangkaian produk kecantikan yang berfungsi untuk merawat wajah serta memperbaiki masalah kulit yang dialami. Nah, kalau make up atau juga yang biasa disebut kosmetik ini memiliki fungsi sebagai riasan wajah. 

Jadi, skincare fungsinya untuk merawat sedangkan make up untuk merias wajah supaya terlihat lebih beda dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan tertentu. 

Apa Saja Yang Termasuk Skincare? 

Apa Saja Yang Termasuk Skincare? 
Sumber gambar: pexels.com/cottonbro

Supaya informasi yang kamu dapatkan lebih lengkap, jadi untuk skincare sendiri memiliki banyak variasi dan tentunya dengan fungsi yang berbeda-beda. Tentu saja, serangkaian produk skincare pun harus lebih spesifik kegunaannya karena memperbaiki masalah kulit wajah perlu proses yang lumayan panjang. 

Sebelum kamu mengetahui apa saja produk skincare yang bisa digunakan, kamu harus paham dulu dengan kondisi wajah kamu sendiri, apakah memiliki masalah kulit berminyak, berjerawat, kombinasi, kering, sensitif? Namun jika sama sekali tidak memiliki masalah berarti kamu memiliki kondisi kulit wajah normal. 

Setelah mengidentifikasi jenis kulit wajah, selanjutnya pahami beberapa variasi dari skincare itu sendiri. 

1. Facial Cleanser (Pembersih Wajah) 

Siapa yang tidak kenal dengan produk Viva Milk Cleanser? Yup, produk tersebut merupakan bagian dari pembersih wajah pertama yang harus kamu lakukan sebelum mencuci wajah dengan sabun. Namun seiring perkembangan zaman, cleanser sendiri memiliki ragam jenis yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. 

Kalau Viva mempunyai tekstur seperti susu, ada produk cleanser lain yang memiliki tekstur cair, balm, oil, dll. Nah, jika kamu sudah kenal dengan masalah kulit wajah sendiri, pastinya kamu tidak kesusahan lagi memilih produk jenis skincare ini yang sesuai dengan kebutuhan kulit wajah. 

2. Facial Wash (Sabun Cuci Wajah) 

Setelah membersihkan wajah dengan pembersih, selanjutnya sabun wajah dibutuhkan untuk mengangkat sisa-sisa kotoran yang menempel. Namun tetap, kamu harus sesuaikan lagi dengan kebutuhan kulit wajah kamu.

Selain itu, jenis sabun wajah pun bermacam-macam, ada yang berbentuk sabun batang, gel, whip (menyerupai busa), dan juga seperti cream yang biasa kamu temukan di sabun wajah berbentuk tube. 

3. Toner

Toner dibutuhkan untuk membuat PH kulit wajah kembali seimbang sehabis terkena sebum dari sabun wajah yang kamu gunakan. Selain itu, wajah pun bisa jadi lebih lembab dan siap masuk ke tahap skincare selanjutnya. Toner hanya memiliki satu tekstur saja yaitu cair.

4. Moisturizer

Pelembab atau moisturizer ini berguna untuk membuat wajah lebih lembab dan juga terasa kenyal. Pelembab sendiri memiliki beberapa macam, ada yang bertekstur krim dan juga gel. Biasanya penggunaan moisturizer krim cocok untuk kulit wajah kering. Nah, kalau moisturizer gel cocok untuk wajah berminyak. 

5. Sunscreen 

Tahapan skincare paling akhir yaitu sunscreen dan digunakan pada siang hari. Tentu saja seperti namanya, sunscreen berguna untuk melindungi wajah dari paparan sinar matahari. Banyak dokter kulit yang mengatakan bahwa penggunaan skincare akan sia-sia jika tidak ditutup dengan penggunaan sunscreen ini. 

Apa Saja Yang Termasuk Make Up?

Apa Saja Yang Termasuk Make Up?
Sumber gambar: pexels.com/ zhugewala

Nah, terakhir masuk ke pembahasan kategori make up. Make up atau juga yang disebut kosmetik ini mempunyai beberapa variasi, tentu saja semuanya berguna sebagai riasan wajah. 

1. Primer

Fungsi dari primer adalah sebagai base make up yang membantu membuat make up jadi lebih tahan lama dan juga menimbulkan efek halus pada wajah. Biasanya bertekstur gel namun sedikit lebih licin ketika digunakan di wajah. 

2. Alas Bedak

Selanjutnya ada alas bedak yang berguna untuk menutupi area tidak sempurna pada wajah dan juga memberikan efek glowing dan warna yang merata. Alas bedak kini sangat banyak variasinya, mulai dari foundation, cushion, BB Cream, CC Cream, dan juga DD Cream. 

Mungkin di tahun yang akan datang alas bedak ini akan mencakup beberapa jenis yang lebih luas lagi. 

3. Concealer

Concealer berguna sebagai penutup area yang tidak sempurna seperti jerawat, kehitaman, kerutan, dan juga kantung mata. Dengan penggunaan yang benar dan warna yang sesuai dengan tone kulit, concealer akan menunjukan fungsi sempurnanya pada wajah. 

4. Bedak

Mungkin inilah alat make up yang paling populer dari sekian banyak jenis. Yup, bedak adalah alat kosmetik yang berguna untuk menyempurnakan riasan wajah. Bisa dibilang ini adalah bagian finishing untuk kulit wajah supaya riasan tahan lama dan seluruh bagian yang tidak sempurna tertutupi. 

5. Riasan Bibir

Nah, untuk riasan bibir sendiri sekarang sangat bermacam-macam. Mulai dari lipstick, lipcream, lipgloss, liptint, dll. Semuanya berguna untuk memberikan warna yang cantik pada bibir sehingga tampilan make up pun terlihat lebih dramatis dan unik. 

Itulah penjelasan singkat dari apa bedanya skincare dan make up dan juga beberapa jenis dari keduanya. Sekarang kamu tidak perlu lagi bingung untuk membedakannya. Namun perlu diingat, untuk memilih suatu merek produk dari jenis di atas kamu harus pastikan semuanya sudah terdaftar BPOM. Karena perusahaan seperti Maklon Kosmetik yang sudah terpercaya memproduksi banyak merek kecantikan pastinya harus ada izin dari lembaga tersebut.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan komentar