Cream Wajah Kulit Kombinasi

4 Cara Memilih Cream Wajah Sesuai Jenis Kulit dan Kandungannya

Memilih cream untuk wajah yang sesuai dengan jenis kulit sebetulnya gampang-gampang susah. Karena, setiap manusia memiliki permasalahan kulitnya masing-masing.

Jadi sebelum kamu mencari beberapa cara memilih cream wajah sesuai jenis kulit, ada baiknya kenali dulu jenis kulitmu. 

Permasalahan yang banyak dialami setiap kulit misalnya seperti kulit kering, kulit sensitif, kulit berminyak, dan kulit dengan tipe kombinasi, dll. Nah, setiap permasalahan bisa diatasi dengan pemakaian cream wajah yang tepat dan sesuai.

Berikut beberapa uraiannya mengenai cara memilih cream wajah sesuai jenis kulit yang telah jasamaklon.co.id rangkum untuk kamu.

Cara Memilih Cream Wajah Sesuai Jenis Kulit Kering

4 Cara Memilih Cream Wajah Sesuai Jenis Kulit Dan Kandungan
Sumber gambar: pexels.com/Polina-Kovaleva

Kulit kering sangat membutuhkan cream yang bisa bantu melembabkan. Pasalnya, jenis kulit tersebut bermasalah karena mudah membuat tampilan jadi lebih kusam dan memunculkan kerutan dengan cepat. 

1. Bahan Dasar Minyak 

Saat kamu ingin memilih krim untuk permasalahan kulit kering, kamu bisa mencari yang berbahan dasar dari minyak. Bahan dasar minyak akan membantumu memberi kelembaban yang akan menjadikan kulit wajah terlihat lebih sehat dan terawat. 

2. Antioksidan

Selain itu, pilihlah cream dengan kandungan antioksidan yang tinggi namun juga memiliki sifat menenangkan. Antioksidan dipercaya bisa mencegah efek penuaan dini bahkan mengurangi emolien, peradangan, dan mencegah kulit seperti kekurangan cairan.

Jadi pada saat kamu menggunakannya, kamu akan merasa nyaman sehingga bisa mengatasi masalah kulit kering. 

3. Hindari Alkohol, Retinol, Parfum

Namun, kamu juga perlu menghindari bahan alkohol, retinol, dan parfum. Karena bahan-bahan tersebut bisa membuat kulit kamu terasa semakin kering.

Memilih Cream Wajah untuk Kulit Berminyak

Memilih Cream Wajah untuk Kulit Berminyak
Sumber gambar: pexels.com/ Anna-Shvets

Setelah membahas mengenai cara memilih cream wajah sesuai jenis kulit. Selanjutnya ada permasalahan kulit berminyak. Umum sekali orang-orang Indonesia memiliki masalah kulit ini karena mengingat Indonesia merupakan daerah yang beriklim tropis. 

Wajah berminyak berbeda sekali dengan wajah kering. Minyak akan membuat wajah terlihat seperti lebih banyak cairan. Namun tentunya kamu tetap memerlukan krim sebagai pelembab. 

1. Bahan Dasar Air atau Gel

Pilihlah krim pelembab dengan bahan dasar air ataupun gel karena bahan tersebut sangat cocok untuk permasalahan kulit tersebut. Bahan tersebut diklaim bisa membantu mengurangi minyak berlebih di wajah.

2. Non-komedogenik dan Anti Bakteri

Selain itu, kulit berminyak juga cenderung kaitannya dengan masalah komedo dan berjerawat. Untuk mengatasi komedo, pilih krim yang mengandung bahan non-komedogenik dan juga aktif anti bakteri untuk menghindari jerawat datang. 

Nah cara memilih cream wajah sesuai jenis kulit berminyak, kamu perlu memilih kandungan AHA (alpha hydroxy acids) yang berfungsi membuat wajah jadi lebih lembab tanpa menghasilkan minyak berlebih. 

3. Kandungan Yang Dihindari 

HIndari kandungan seperti lanolin, vitamin E, minyak mineral karena bahan dasar tersebut akan membuat kulit wajah kamu jadi makin berminyak.

Cream Wajah Kulit Kombinasi

Cream Wajah Kulit Kombinasi
Sumber gambar: pexels.com/Monstera

Yang ketiga ada jenis kulit kombinasi. Yup, jenis kulit tersebut merupakan gabungan antara berminyak dan juga kering. Biasanya, area yang berminyak ada pada daerah T-zone atau daerah kening, hidung, dan dagu. Sementara itu daerah pipi kering. 

1. Kandungan Yang Dibutuhkan

Nah, pada permasalahan kulit tersebut kamu membutuhkan sebuah krim pelembab yang berbahan mattifying, seperti asam salisilat dan juga silika. Hydrator bebas minyak juga bisa membantu kulit kombinasi seperti gliserin dan asam hyaluronik. 

2. Kandungan Yang Boleh Digunakan

Kamu tetap bisa memakai krim wajah yang berbahan memiliki kandungan bebas minyak, dan berbahan dasar air seperti gel atau lotion. Bahan-bahan tersebut membantu kamu 

mengatasi masalah kulit kombinasi antara minyak dan juga kulit kering. 

Cream Wajah Yang Cocok Untuk Kulit Sensitif

Cream Wajah Yang Cocok Untuk Kulit Sensitif
Sumber gambar: pexels.com/ Sora-Shimazaki

Yang terakhir ada masalah kulit sensitif, tentunya jenis kulit ini paling membutuhkan perawatan yang lebih intens ketimbang kulit lain. 

Kamu perlu memperhatikan tiap kandungan supaya kulit wajah tipe sensitif terasa nyaman dan tetap sehat. Apabila kamu asal dalam memilih krim pelembab, kemungkinan adanya masalah kulit baru bisa terjadi. 

1. Jangan Pilih Yang Mengandung Parfum 

Krim wajah yang memiliki kandungan parfum sangat tidak boleh digunakan oleh orang yang mempunyai masalah kulit sensitif. Pilihlah kandungan yang tidak terlalu berat yang memiliki efek tenang di kulit. 

2. Perhatikan Kandungan pH 

Nah, ini juga penting. Kamu perlu memilih krim wajah dengan kandungan pH 5,5 karena bisa membantu menyeimbangkan pH kulit wajah. Selain itu, kulit wajah kamu juga akan terasa lebih sehat dengan kandungan tersebut.

Jadi seperti itulah cara memilih cream wajah sesuai jenis kulit dengan masalah yang sering dihadapi orang-orang. 

Jika ingin memakai cream apa harus konsultasi ke dokter? 

Jawabannya tidak terlalu perlu. Selama kamu kenal dengan jenis kulit kamu, kamu pun bisa mulai mengevaluasi apa saja produk krim wajah yang cocok dan tepat. Namun, jika dirasa kamu kurang bisa memahami jenis kulit kamu, sebaiknya konsultasi ke dokter kulit.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *